Tips Investasi Saham

7
0
Tips Investasi Saham

Saham adalah salah satu instrumen yang memberikan keuntungna yang sangat menggiurkan bagi banyak orang. Oleh karena itu, investasi saham digemari oleh banyak orang termasuk gerasi muda. Untuk memulai investasi saham ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para investor dan mereka harus mengetahui saham yang dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan di masa yang akan datang. Namun bagi para pemula, memulai investasi saham menjadi salah satu yang menakutkan dan membingungkan.

Oleh karena itu, para investor harus membekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai investasi saham. Untuk memulai investasi saham, sebaiknya kamu hars mempelajari banyak hal serta tips investasi saham terutama anda yang belum pernah melakukan investasi saham ini sangat berguna sekali.

Tips Investasi Saham
Tips Investasi Saham

Berikut beberapa tips investasi saham yang dapat kamu lakukan sebelum investasi saham:

  1. Mempelajari saham terlebih dahulu

Jika anda ingin memulai sesuatu hal yang baru dan tertarik pada hal tersebut, alangkah baik nya anda memperlajari bagaimana cara investasi saham dengan tips investasi saham yang kamu pelajari mulai dari jenis, risiko, return dari instrumen investasimu (saham) sebelum kamu benar-benar terjun ke duania saham. Dengan mempelajari serta memahami ilmu tentang investasi saham untuk anda terapkan nanti.

  1. Memilih perusahaan sekuritas

Di era sekarang sudah banyak perusahaan menawarkan jasanya untuk membantu anda dalam jual beli saham. Akan tetapi perlu di ingat dalam memilih perusahaan sekuritas perlu memperhatikan kebijakan masing-masing perusahaan dan biaya transaksinya.

  1. Menggunakan idle cash atau uang dingin

Money management adalah berinvestasi hanya menggunakan uang dingin. Artinya uang yang kamu guankan tidak akan mengganggu anggaran kebutuhan pokok anda. Gunakan modal yang kecil terlebih dahulu, bukan mengalokasikan sekaligus ke dalah saham. Hal tersebut bertujuan untuk kamu lebih memahami situasi pasar setip harinya dan sebagai usaha untuk mengelola risiko.

  1. Membuat perencanaan trading

Tips investasi saham yang satu ini Penting bagi para trading, karena dalam perencanaan trading ada beberapa hal seperti titik entry (kapan harus beli), titik exit (kapan harus menjual), serta titik cut loss (sampai batas mana ketika harga saham turun untuk kemudian dijual).

  1. Investasi dana pada perusahaan yang tepat
Baca Juga:  Tips Beli Mobil Second

Maksud dari tips ini adalah bagaimana cara kita mencari informasi baik itu tentang saham yang kamu beli atau bagaimana kualitas saham, track record perusahaan, laporan keuangan dan aspek lainnya. Untuk mencari informasi kamu bisa mengunjuni web BEI yang mana perusahaan yang terdaftar di BEI dapat kamu lihat informasi berupa indeks saham yang berguna sebagai statistik perubahan turun naiknya saham yang di kriteriakan tertentu.

  1. Pelajari analisis saham

Dengan sudah terbiasanya anda dengan dunia investasi saham dan dengan pergerakan nilai sama yang naik turun. Dengan trading saham bukan hanya tenyang intuisi melainkan harus didasarkan oleh analisis yang mendalam. Dengan cara mempelajari laporan keuangan perusahaan, mengikuti perkembangan perusahaan, hal tersebut memberikan pengetahuan dalam menentukan saham mana yang dapat kamu beli dengan menghasilkan return yang maksimal. Dan selalu di ingat tips investasi saham, jangan membeli saham karena fomo.

  1. Realistis dan tidak emosi ketika berinvestasi

Pada dasarnya kita harus selalu realistis dama melakukan investasi. Karna pada dasarnya proses untuk mencapai tujuan perlu proses, waktu da usaha. Oleh karena itu kita harus sabar dan janagn berekspetasi tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar dsal waktu singkat.

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *