Tips menabung untuk pelajar

6
0
Tips menabung untuk pelajar

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian dari seluruh pendapatan sebagai invertasi di masa depan dan keperluan yang diluar dugaan. Belajar menabung harus dilakukan sejak kecil agar terbiasa me-manage dan tidak boros.

Selain mendorong gaya hidup yang sederhana, dengan menabung membuat kita bisa lebih mandiri dan tidak mengandalkan siapapun termasuk orang tua. Itulah alasan mengapa menabung harus dibudayakan sejak kecil apalagi sebagai pelajar yang sudah diamanahi oleh kedua orang tuanya untuk mengatur keuangan pribadi.

Pada dasarnya para pelajar tidak memiliki penghasilan sendiri dan masih mengandalkan kedua orang tua, sehingga beberapa diantaranya memiliki keluhan terkait uang jajan terbatas dan sulitnya untuk menabung.

Padahal jika para pelajar menanamkan dan membiasakan diri untuk bisa menabung, banyak sekali cara untuk bisa lebih berhemat. Seperti kata pepatah, sedikit edmi sedikit lama-lama menjadi bukit. Seorang pelajar hanya perlu melakukannya secara konsisten dan cara menabung yang efektif.

Tips menabung untuk pelajar
Tips menabung untuk pelajar

Berikut tips menabung yang paling efektif yang bisa dilakukan para pelajar.

  1. Memiliki tujuan dari menabung

Tujuan adalah hal penting dalam melakukan segala hal, tidak hanya menabung saja. Dengan memiliki tujuan kamu dapat memotivasi dirimu sendiri untuk tetap konsisten dan semangat agar cepat meraih tujuan tersebut. Contohnya seperti kamu ingin membeli barang A karena dapat memudahkanmu untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

 

  1. Memiliki target yang harus dicapai

Jika sudah memiliki tujuan, langkah selanjutnya kamu bisa tentukan target yang harus kamu capai. Kamu harus tau kisaran harga barang yang akan kamu beli, lalu tentukan berapa kisaran yang akan kamu sisihkan setiap harinya. Saran dari penulis, jika kamu sudah memiliki tabungan yang cukup seharga barang, lebih baik menabung lagi untuk dua kali harga barang. Jadi kamu masih memiliki simpanan uang untuk keperluan yang di luar dugaan lainnya.

Baca Juga:  Tok..!! OJK batasi bunga pinjol 0,3 %

 

  1. Konsisten

Pada dasarnya menabung itu selain menjadikan pengeluaran biaya hidup lebih teratur juga melatih kesabaran. Saat menabung lakukan secara konsisten dan bertahap. Misalnya jika kamu sudah menargetnya menabung sebanyak A, maka terus lakukan sebanyak A dan jika bisa lebih dari A, asalkan tidak kurang dari A. Jangan sampai kalap mata dan belanjakan uang untuk barang yang tidak penting.

 

  1. Tidak sering nongkrong

Main bersama teman, nongkrong, dan mengobrol santai sambil minum kopi dan makan cemilan memang sudah seperti surganya dunia. Akan tetapi jika kamu membatasi untuk melakukan hal tersebut, akan banyak uang yang bisa kamu sisihkan untuk membeli keperluan penting lainnya. Itulah mengapa saat diajak nongkrong sesekali kamu bisa tolak secara halus. Ketika kamu pergi hangout pengeluaran kamu juga berpotensi lebih besar. Cukup nongkrong seminggu sekali saja untuk melepas lelahmu.

 

  1. Memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan

Untuk berhemat kamu bisa menghitung uang yang sudah kamu gunakan agar lebih terstruktur. Ketika para pelajar memiliki pemasukan dari orang tuanya sebesar A, maka setengah dari A disisihkan untuk ditabung dan setengah lagi bisa digunakan untuk apapun. Jangan lupa, catat pula biaya pengeluaran untuk menafsirkan hal apa saja yang kamu beli saat itu. Jika dirasa ada sesuatu yang tidak memiliki nilai guna, hal tersebut bisa jadi pertimbangan untuk kedepannya.

Hal di atas merupakan tips yang bisa digunakan para pelajar untuk mencoba menabung. Dengan cara hidup hemat, kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk keperluan penting yang akan datang. Akan tetapi, jangan terlalu pelit terhadap diri sendiri dan orang lain hanya agar uangmu cepat terkumpul. Ingat, menabung itu hanya menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu, bukan semuanya.

Baca Juga:  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Analisis Kenaikan Nilai Tukar Dolar AS

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *