TIPS MEMBANGUN BISNIS DARI NOL

8
0
TIPS MEMBANGUN BISNIS DARI NOL

Beberapa orang beranggapan bahwa mereka pengusaha sukses di usia muda merupakan hasil privillege kedua orang tuanya, mereka hanya menjadi penerus dari yang sudah terkenal lalu dikembangkan, jadi mustahil untuk seseorang yang baru saja memulai bisnis dari nol untuk sukses. Anggapan tersebut kini sudah meluas, padahal jika dipikirkan kembali, untuk menjadi sukses itu semua hal memang dari nol. Bagi orang yang menghargai proses akan paham bahwa semua hal itu memerlukan proses yang tidak mudah, rintangan dan hambatan pernah dilalui, apalagi oleh seorang pengusaha. Maka dari itu mengapa pengusaha harus memiliki sikap berani dan tidak menyerah.

Membangun bisnis dari nol memang terlihatnya seperti sulit, bahkan tidak dari nol saja sudah sulit. Namun, jika kamu memiliki tekad yang kuat dan niat yang besar serta siap untuk mengambil resiko, tidak ada salahnya untuk beroptimis membangun bisnis dari nol. Mereka yang sudah sukses juga awalnya dari nol, kan?

Kini banyak orang yang terjun ke dunia bisnis karena memiliki penghasilan yang menjanjikan bahkan bisa gunakan untuk tabuan pensiun dan masa depan nanti. Jika kamu sudah memiliki rencana untuk berbisnis, di bawah ini langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengarahkan kamu agar tidak bingung.

TIPS MEMBANGUN BISNIS DARI NOL
TIPS MEMBANGUN BISNIS DARI NOL

Mengetahui ilmu bisnis

Sebelum memulai bisnis, pastikan kamu sudah memiliki ilmunya terlebih dahulu. Kamu harus paham setiap hal atau bahasa bahasa pembisnis. Ilmu ini akan sangat memudahkanmu untuk mengambil langkah selanjutnya dan kedepannya, anggap saja ilmu bisnis merupakan hal dasar yang perlu kamu pegang. Kamu harus bisa mengetahui konsep dari sebuah bisnis, visi dan misi, target dan strategi pasar. Tidak hanay melulu soal modal.

Baca Juga:  Prajogo Pangestu Orang Terkaya di RI versi Forbes

Ide bisnis

Ide bisa disesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Jika kamu bingung tidak memiliki bakat, kamu bisa memulainya dengan hal yang kamu sukai dan impikan. Dengan melakukan pekerjaan yang kamu sukai akan menambah motivasi terhadap diri kamu. Tidak ada salahnya juga kamu berdiam di zona yang tidak nyaman dengan berani mengambil hal di luar passion kamu, itu bisa mendorong kamu untuk terus bergerak memikirkan inovasi baru.

Riset pasar

Selesai menentukan ide atau konsep dari bisnis kamu, langkah selanjutnya kamu lakuakan riset pasar. Lihat berapa persen daya tarik konsumen terhadap ide yang ingin kamu kembangkan menjadi sebuah produk. Apakah masih layak untuk menjual produk ini dan sesuaikan juga dengan situasinya. Saat melakukan riset pasar, kamu perlu juga melakukan target dan strategi pemasaran yang akan kamu gunakan. Untuk memulai bisnis dari nol hal ini sangat penting karena belum memiliki branding serta masih awam di telinga konsumen.

Anggaran awal

Untuk memulai bisnis dari nol, anggaran awal sangat penting. Modal perlu dimaksimalkan kegunaannya dan pastikan bahan baku serta peralatan inti lebih diprioritaskan. Bisnis dari nol akan sulit mendapatkan suntikan dana, jadi pastikan kamu memiliki modal yang cukup sebagai jaga-jaga apabila terjadi biaya tak terduga. Semua pengeluaran harus kamu rinci secara akurat yang didapat dari hasil riset pasar.

Itulah hal-hal yang paling penting saat membangun usaha dari nol, jangan lupa juga untuk terus berinovasi agar dapat menarik minat orang. Saran penulis jika kamu ingin memulai bisnis dari nol, jangan dulu melakukan rekrutmen karyawan agar pengeluarannya tidak terlalu besar. Beroptimislah bahwa bisnis kamu akan berjalan dengan lancar. Manfaatkan juga media sosial untuk kebutuhan promosi.

Baca Juga:  CARA USAHA SUKSES TANPA MODAL

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *