Tips Belajar Efektif

7
0
Tips Belajar Efektif

Belajar adalah proses kegiatan yang mengulang, meneliti, mengoreksi dan mengkaji lebih jauh suatu materi. Sedikit banyak nya saat belajar memiliki kesulitan untuk belajar. Artikel ini membahas tentang tips belajar efektif, berikut penjelasannya:

Tips Belajar Efektif
Tips Belajar Efektif
  1. Membuat jadwal belajar

Tips belajar efektif yang pertama adalah membuat jadwal belajar, hal ini penting sekali karena jika kalain membuat jadwal belajar saat itu juga kalain sambil belajar bagaimana memanajemen waktu anata istirahat, bermain, dan kapan waktunya belajar. Oleh itu supaya kalain memiliki waktu atau jadwal yang pas akan memudahkan kalain belajar.

  1. Menerapkan cara belajar

Cara belajar agar efektif banyak sekali, setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda, oleh itu kalain dapat menerapkan cara belajar kalain, entah itu belajar dengan membaca buku atau juga dapat belajar dengan vidio, podcats, kuis, ataupun permainan. Dengan kalain menerapkan cara belajar yang cocok dengan kalain akan memudahkan kalain selama proses belajar, dan dengan menerapkan cara belajar yang nyman dan efektif tidak akan membuat kalian cepat bosan saat belajar.

  1. Berikan waktu istirahat

Waktu istirahat sangat lah penting karena dapat membuat kalian tidak fokus atau dapat kelehan jika selalu belajar. Dan juga kalain jangan memaksakan diri untuk belajar saat kondisi kalain sedang tidak fit. Oleh itu penting memberikan waktu istirahat, kalian dapat menggunakan metode belajar yang lebih rileks, dengan pola 10-15 menit digunakan untuk belajar setelah belajar selama 45 menit. Waktu belajar yang tidak panjang namun berkelanjutan dapat membuat penyerapan informasi lebih efektif daripada belajar 3-5 jam tanpa istirahat.

  1. Buat catatan atau ulasan

Membuat catatan, atau menandai hal-hal yang penting dari pembelajaran. Atau kalain juga dapat menulis hal-hal pembelajaran dengan tulisan tangan, karena dengan membuat catatan dengan tulisan dapat membuat lebih efektif dan dapat memahami setiap informasi yang kalain tulis tangan, otak akan memproses informasi dengan cara lain, berbeda dengan ponsel atau komputer.

  1. Latihan secara berkala
Baca Juga:  Tips Menyusun Peta Konsep yang Sederhana namun Menarik

Hal ini dapat kalian lakukan saat belajar atau jika kalian ingin melakukan ujian di sekolah, hal ini dapat melatih kemampuan kita. Sehingga kalain dapat melatih sendiri kemampuan kalian secara berkala.

  1. Buar rangkuman belajar

Salah satu tips belajar efektif adalah membuat rangkuman setip selesai belajar, hal ini dapat memudahkan kalian untuk mengingat apa saja yang sudah kalain pelajari. Kalian dapat merangkum pelajaran per minggu atau per bab sesuai yang sudah dipelajar. Keuntungan rangkuman pelajaran akan membuat memori jangka pendek menjadi memori ingat jangka panjang. Dengan merangkum pelajaran yang sudah juga memudahkan kalian untuk membaca atau belajar kembali karena di rangkuman memuat hal-hal penting apa yang sudah dipelajari.

  1. . Belajar di pagi hari

Tips belajar agar lebih efektif satu ini merupakan hal yang sering penulis lakukan karena jika kalian belajar di pagi hari kalian masih memiliki banyak energi yang tersimpan. Selain itu juga, belajar dipagi hari merupakan waktu terbaik saat belajar, dan dapat membuat kalian lebih fokus.

  1. . Belajar sambil mendengarkan lagu

Mungkin bagi kalian yang tidak suka suasana yang terlalu hening, hal ini menjadi tips untuk belajar kalian lebih efektif. Mempelajari materi sambil mendengarkan lagu-lagu ringan seperti instrumen atau lagu yang menenangkan. Hal ini dapat membuat kalai lebih fokus untuk belajar.

Nah, itulah tips belajar efektif yang bisa kalain lakukan agar belajar kalian dapat menjadi lebih fokus. Semoga tips ini dapat berguna dan dapat kalian lakukan agar dapat belajar lebih efektif.

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *