Tanggal 20 Mei 2024, Hari Metrologi Sedunia, Simak Informasinya

16
0
Tanggal 20 Mei 2024, Hari Metrologi Sedunia, Simak Informasinya

Redaksiku.com – Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Metrologi Sedunia (World Metrology Day). Hal ini bertujuan untuk tahu apa yang dimaksud bersama pengetahuan pengukuran, serta pentingnya pengetahuan ini dalam kehidupan umat manusia sehari-hari.

Apa yang dimaksud metrologi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metrologi adalah pengetahuan berkenaan ukuran, timbangan, dan takaran.

Menurut Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), Hari Metrologi Sedunia mempromosikan manfaat pengetahuan pengukuran kepada khalayak global, bersama mengutamakan nilai metrologi untuk mutu hidup dan pelestarian lingkungan.

Tanggal 20 Mei 2024, Hari Metrologi Sedunia, Simak Informasinya
Tanggal 20 Mei 2024, Hari Metrologi Sedunia, Simak Informasinya

Ilmu yang tidak banyak diketahui ini mendasari banyak sekali segi dalam kehidupan kami sehari-hari. Seperti waktu tiap tiap kali membeli dan menimbang satu kilogram jeruk, kala memakai GPS di mobil untuk bernavigasi, menelan pil sesuai takaran, menyeberangi jembatan, atau memasuki sebuah gedung, seluruh kegiatan tersebut kudu memerlukan pengetahuan dari para ahli metrologi. Berkat proses metrik, seorang arsitek yang dilatih di Sudan bakal dapat mendesain gedung perkantoran di Meksiko, dikarenakan ukuran standarnya sama di ke-2 negara.

Sejarah Hari Metrologi Sedunia
Sejarahnya, layaknya dilansir web site UNESCO, Hari Metrologi Sedunia memperingati penandatanganan Konvensi Metrik pada tanggal 20 Mei 1875, sebuah perjanjian internasional yang dirancang untuk menegaskan bahwa seluruh orang di seluruh dunia memakai proses metrik yang sama untuk mengukur berat dan panjang, untuk menegaskan perdagangan yang adil.

Konvensi Meter tersebut udah diratifikasi oleh lebih dari 100 negara dan ekonomi. Pada bulan November 2023, badan-badan pemerintahan UNESCO menunjukkan bahwa 20 Mei sesudah itu bakal dirayakan sebagai Hari Metrologi Sedunia (42 C/Resolusi 21).

Perayaan Hari Metrologi Sedunia pada tanggal 20 Mei tiap tiap th. di dukung bersama oleh Biro Berat dan Ukuran Internasional dan Organisasi Metrologi Legal Internasional.

Baca Juga:  Perjalanan Panjang: Sejarah Kereta Api di Indonesia

Tema Hari Metrologi Sedunia 2024
Dilansir web site World Metrology Day, peringatan Hari Metrologi Sedunia th. 2024 mengusung tema “Sustainability” atau Keberlanjutan. Fokus perayaan th. ini adalah pada bermacam peluang pengukuran yang berkontribusi pada pembentukan ekonomi dan lingkungan global yang berkelanjutan.

Metrologi menambahkan dasar untuk pengambilan ketetapan berbasis data dan pengembangan kebijakan dalam keberlanjutan. Dengan menegaskan pengukuran yang akurat di bermacam segi keberlanjutan, metrologi menopang organisasi, pemerintah, dan individu untuk mengakibatkan pilihan berdasarkan Info yang berkontribusi pada era depan yang lebih berkelanjutan.

Redaksiku
WRITTEN BY

Redaksiku

redaksiku.com adalah platform media berita gen z, terkini Indonesia hari ini yang menyajikan informasi lengkap oleh sumber terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *