4 Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa, Coba Sekarang!

104
0
Ilustrasi daftar pekerjaan untuk mahasiswa

Belakangan ini banyak mahasiswa demo, salah satunya karena kebijakan universitas yang menaikkan UKT. Nah kalian salah satu yang terkena kebijakan kenaikan UKT kampus atau tidak nih?

Selain minta uang ke orang tua, atau mengandalkan beasiswa untuk membayar UKT, bisa juga lho melakukan kerja sampingan. Setelah ini akan dibahas tentang daftar kerja sampingan untuk mahasiswa yang cukup menghasilkan, apa saja itu, silahkan baca sampai selesai.

Ghost writer

Pekerjaan pertama yang bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa tanpa harus menyita terlalu banyak energi fisik adalah dengan menjadi ghost writer. Apa itu ghost writer, dan seperti apa pekerjaannya?

Ilustrasi daftar pekerjaan untuk mahasiswa
Ilustrasi: daftar pekerjaan untuk mahasiswa

Ghost writer, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan penulis bayangan, adalah orang yang membuat tulisan untuk orang lain tanpa memperoleh hak intelektual dari tulisan tersebut.

Susah ya bahasanya, gampanya, ghost writer membuat tulisan untuk orang lain. Dari situ penulis mendapatkan bayarannya. Setelah mendapatkan fee menulis, maka sang penulis tidak boleh mengklaim tulisan yang telah dijual itu, sebab sudah menjadi hak dari pemilik tulisan yang baru.

Baca Juga:  Kisruh soal UKT, 206 Mahasiswa ITB terancam tak bisa lanjut kuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *