Doa Buka Puasa Sunnah

4
0
doa buka puasa sunnah

Mungkin kamu suka bertanya gimana sih doa buka puasa sunnah ? Berdoa adalah salah satu yang selalu dianjurkan untuk dilakuakan saat berbuka puasa. Mengerjakan  puasa sunnah yang mana telah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah saw. Adapaun hikmah dari menunaikan ibadah puasa sunnah adalah dijauhkan diri dari apa neraka. Seperti hadits riwayat Al Bukhari.

“Barang siapa yang mengerjakan puasa satu hari di jalan Allah semata-mata karen Allah maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka dengan sejauh tujuh puluh musim.” (HR. AL-Bukhari dan Muslim)

doa buka puasa sunnah

Puasa sunnah merupakan puasa yang hukumn nya sunnah atau tidak wajib dilakukan, namun jika mengerjakan puasa sunnah akan mendapatkan pahala, sedangkan jika tidak mengerjakan puasa tersebut tidak mendaptkan dosa. Puasa juga memiliki makna tersendiri, seperti untuk mengingatkan diri untuk selau bersyukur atas apa yang telah dimiliki. Dan dengan berpuasa juga dapat melatih kesahabaran seseorang dan berpikir lebih jernih saat menjalani hari. Menjalankan puasa dilakukan sejak fajar terbit hingga tenggelam.

Memasuki waktu magrib, dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw cara berbuka puas yang benar adlah dengan menyegerakan buka puas ketika sudah waktu magrib tiba.

Doa buka puasa sunnah sama saja dengan doa berbuka puasa biasanya, berikut doa buka puasa sunnah:

Latin: “Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiin

Arti: “Ya Allah swt karenamu aku mengerjakan puasa,dengan mu akan beriman, kepadamu akau berserah dengan, serta dengan rezekimu aku buka puasa, dan rahmatmu, ya Allah swt yang tuhan maha pengasih.”

Adapun doa buka puasa senin kamis dari hadits Ibnu Umar RA

Latin: “Dzahabaz zhama’u wabtallatil’ uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Yang Berarti: “Rasa dahaga sudah hilang dikerongkongan yang sudah badan dan atas kehendak Allah pahala yang sudah ditetapkan, insyaallah.”

Karena memiliki manfaat istimewa, ibadah puasa menjad salah satu ibadah yang dianjurkan sebagai ibadah sunnah.  Ibadah puasa sunnah memiliki banyak macam –macam puasa yang bisa kamu kerjakan, diantaranya adalah:

  1. Puasa syawal
Baca Juga:  Zakat Fitrah Dengan Uang

Puasa sunnah ini adalah puasa yang dikerjakan pada bulan syawal atau bulah setelah bulan ramadhan.

  1. Puasa arafah

Puasa sunnah yang kedua adalah puasa arafah, puasa sunnah ini dianjurkan bagi umat muslim yang sedang tidak berhaji. Sedangkan bagai mereka yang melaksanakan ibadah haji, tidak ada keutamaan untuk berpuasa di hari arafah atau 9 Dzulhijjah.

  1. Puasa tarwiyah

Puasa sunnah ini dikerjakan  di bulan Dzulhijjah atau tepatnya jatuh pada 8 Dzulhijjah. Puasa ini dianjurkan karena menurut hadis, puas ini dapat menghapuskan dosa sepanjang tahun yang telah lalu.

  1. Puasa senin kamis

Puasa senin kamis adalah puasa yang sering dikerjakan atau lebih tepatnya puasa sunnah yang populer. Puasa senin kamis dianjurkan oleh Rasulullah saw karena berpuasasa di hari senin tersebut merupakan hari kelahiran beliau, sedangkan hari kamis adalah hari pertama kali Al –Quran diturunkan. Selain itu, keutamaan puasa sunnah ini juga karena dihari tersebut hari dimana pintu surga di buka.

  1. Puasa sya’ban

Bulan sya’ban juga memiliki keistimewaan tersendiri. Bulan sya’ban, seluruh umat muslim dianjurkan untuk berpuasa dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa di pertengahan atau pada saat Nisfu Sya’ban.

Demikian lah penjelasan tentang puasa sunnah, doa buka puasa sunnah serta macam-macam puasa sunnah yang bisa teman-teman kerjakan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan tentang puasa sunnah. Dan semoga teman-teman lebih rajin ladi dalam menjalankan ibadah puasa sunnah.

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *