Dalil Puasa Ramadhan

20
0
dalil puasa ramadhan

Ibadah puasa ramadhan yang merupan salah satu rukun Islam . Lantas apa saja dalil puasa ramadhan yang menyebutkan serta menjelaskan tentang puasa ramadhan. Ulasan kali ini akan membahas tentang dalil puasa ramadahan baik itu yang tercantum dari Al – Quran ataupun Hadist.

Memasuki bulan puasa, seluruh umat muslim mempersiapkan diri secara jasamani dan rohani untuk melakukan ibadah di bulan suci ramadhan. Dengan begitu juga perlu kita ketahui untuk menambah wawasan tentang apa saja dalil puasa ramadhan.

Dalam ayat Al- Quran dan hadist disejaskan bahwa ada begitu banyak berkah serta pahala yang berlipat ganda untuk semua ibadah yang dilakukan di bulan suci ramadahan.

Lantas ayat dan hadist apa saja yang menjelaskan tentang puasa ramadhan?

Berikut ini simak beberapa dalil puasa ramadhan, sebagai pedoman dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

  1. Surah Al Baqarah ayat 183

١٨٣ – تَتَّقُوْنَۙلَعَلَّكُمْ قَبْلِكُمْ مِنْ الَّذِيْنَ عَلَى كُتِبَ كَمَا الصِّيَامُ عَلَيْكُمُ كُتِبَ اٰمَنُوْا الَّذِيْنَ يٰٓاَيُّهَا

“wahai orang yang beriman, maka diwajibkan bagi kamu untuk berpuasa sebagaiman yang telah diwajibkan dari orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

  1. Surah Al Baqarah ayat 184

“Bulan ramadhan ialah salah bulan istimewa yang di bulan itu  ditunkan nya Al-quran, untuk petunjung bagi umat muslim serta penjelasan dari petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan batil.” Oleh karena itu, barang siapa diantan mereka ada di bulan itu, maka berpuasalah. Serta barang siapa yang sakit dan berada di dalam perjalanan maka ia tidak berpuasa, tetapi wajib mengganti puasa tersebut, sebanyak hari yang ia tinggalkan pada bulan lain selain bulan ramadhan. Allah menghendaki kemudahan dan tidak menginginkan kesukaran bagaimu. Hendaklah kamu mencukupkan bolangannya dan mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan, agar kamu bersyukur.”

  1. HR Ahmad
Baca Juga:  Kata Kata Cinta Islami

Bulan suci ramdahan adalah bulan yang penuh berkah, dan di bulan ramadhan juga terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar.

Redaksiku
WRITTEN BY

Redaksiku

redaksiku.com adalah platform media berita gen z, terkini Indonesia hari ini yang menyajikan informasi lengkap oleh sumber terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *