CARA MEMULAI USAHA DENGAN MODAL KECIL

3
0
CARA MEMULAI USAHA DENGAN MODAL KECIL

Kini banyak yang terjun pada dunia bisnis karena memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan, lagi banyak orang yang sudah membuktikan bahwa mereka sukses hanay dengan berbisnis dan menjadi motivator bagi orang-orang yang baru akan merintis.

Bagi sebagian orang juga takut untuk melangkah dan membiarkan dirinya tidak berkembang karena satu alasan yang sebenarnya masih bisa ditangani, yaitu masalah modal. Terkadang modal menjadi penghambat bagi seseorang untuk memulai sebuah usaha, karena mindset yang mereka miliki yaitu ingin sukses secara cepat dan isstan harus memiliki modal besar. Padahal tidak seperti itu cara kerja dalam dunia bisnis.

Seseorang yang sudah sukses sekarang pastinya cenderung menghargai proses dan menganggap semua hal itu merupakan perjalanan. Sudah banyak hal yang mereka tempuh untuk sampai di tahap ini. Jadi, jangan berpikir semua hal didapatkan secara instan dan lakukanlah dari kecil.

CARA MEMULAI USAHA DENGAN MODAL KECIL
CARA MEMULAI USAHA DENGAN MODAL KECIL

Untuk kamu yang ingin memulai usaha namun memiliki keterbatasan dalam modal, kamu bisa lakukan mulai dari usaha kecil. Cara memulai usaha dengan modal kecil bisa lakukan hal berikut

Cari barang grosir

Barang grosir atau barang diskon cenderung lebih murah daripada barang di swalayan. Maka dari itu, carilah bahan baku atau peralatan yang ingin kamu gunakan untuk produksi dengan harga grosir namun pastikan juga kualitas barang tersebut. Hal ini dapat meminimalisir pengeluaran dana yang ingin kamu pakai.

Cari jenis usaha dengan modal kecil

Jangan langsung merintis usaha dengan modal yang tinggi. Keterbatasanmu dalam modal, maka carilah jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Mungkin kamu berpikir bahwa usaha yang kecil pastinya mendapatkan untung yang kecil pula, sehingga beberapa dari kamu lebih memilih meminjam modal pada bank, padahal dengan kamu meminjam modal pada bank sama saja kamu akan inflasi dan rugi karena harus membayar bunga pinjaman pada bank. Ingat kuncinya, lakukan secara bertahap.

Baca Juga:  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) - Mempertahankan Fokus: Pendapatan Meningkat Meski Target EBITDA Berada dalam Kendala

Manfaatkan peralatan yang dimiliki

Untuk meminimalisir pengeluaran dana modal, kamu bisa manfaatkan barang-barang yang kamu miliki untuk kamu gunakan dalam produksi. Jangan kamu habiskan modal kamu untuk membeli peralatan karena tidak efisien, lebih baik pakai seadanya namun memiliki nilai guna. Jika dirasa usaha kamu sudah berkembang, baru kamu bisa upgrade barang-barang terbaru sebagai bahan motivasi diri.

Strategi promosi menggunakan media sosial

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk yang kamu jual pada sasaran konsumen. Buatlah tampilan yang menarik dengan deskripsi barang yang informatif sehingga dapat membuat konsumen tertarik dan paham akan produk yang kamu jual. Pemasaran melalui sosial media anda sendiri berpeluang dapat meningkatkan usaha anda.

Lakukan inovasi produk

Dengan karakter manusia yang mudah bosan kamu perlu memikirkan inovasi untuk produk yang kamu jual agar terus menarik hati pelanggan. Jangan lupa untuk lakukan riset pasar untuk mengetahui hal yang sedang dibicarakan dan ramai disebut, barangkali bisa dijadikan peluang untuk mengembangkan produk barangmu.

Perincian dana

Jika dirasa semua hal sudah berjalan dengan lancar, usahamu sudah berjalan dan sudah melakukan segala hal, kamu harus memiliki perincian dana masuk dan keluar agar lebih terarah dan jelas antara modal awal dengan keuntungan yang kamu dapatkan. Kelola dengan baik untuk transparansi keuntungan dan kerugian.

Itulah hal yang bisa kamu lakukan jika tertarik untuk merintis dalam dunia bisnis dengan modal yang kecil. Jadikan keterbatasan kamu sebagai pengawal kesuksesan.

 Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *