Cara Cek Mesin Mobil Bekas, Lakukan Sebelum Beli!

30
0
Ilustrasi: cara cek mesin mobil bekas

Beli mobil baru mungkin menjadi mimpi sebagain besar orang, namun kadang kantong tak bisa memenuhi apa yang menjadi mimpi. Mau tak mau kita harus mengompromikan apa yang menjadi mimpi dengan kondisi keuangan. Salah satu cara supaya bisa membeli mobil dengan budget tak sebesar mobil baru adalah dengan membeli mobil bekas.

Namun sayangnya tak semua mobil bekas masih berada dalam kondisi terbaiknya. Tak sedikit yang sudah mengalami perbaikan di sana sini, maka dari itu kalian sebagai calon buyer harus cek dan lihat dahulu. Nah supaya tidak tertipu dan salah dalam menilai mobil bekas, setelah ini akan dibeberkan mengenai cara cek mesin mobil bekas.

Cek cairan di sekitar mesin

Hal pertama yang harus dilakukan ketika cek mbil bekas adalah dengan membuka kap mesin. Silahkan perhatikan, apakah ada rembesan cairan di antara sela-sela mesin (entah itu oli, air atau fluida lainnya).

Ilustrasi: cara cek mesin mobil bekas
Ilustrasi: cara cek mesin mobil bekas

Dari membuka kap mobil itu dapat diketahui, bahwa biasanya pemilik mobil yang merawatnya pasti memperhatikan berbagai fluida yang ada di bawah kap mesin. Dari situ kalian bisa perhatikan, misal cairan radiotor, minyak rem dan wiper, jika ditemui dalam keadaan kurang, bisa jadi pemilik sebelumnya kurang perhatian terhadap mobil tersebut.

Lihat keadaan oli mesin

Cek juga pada bagian oli mesin, apakah dalam kondisi kurang atau tidak. Kemudian jangan sampai melewatkan untuk melihat warna oli mesin. Warna oli mesin yang nampak seperti coklat susu, bisa jadi merupakan indikasi bahwa air radiator sudah masuk ke dalam ruang mesin. Apabila hal tersebut terjadi, maka harus dipertimbangkan juga biaya perbaikannya, sebab tidak murah.

Baca Juga:  Cara Merawat Motor Matic Mio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *