6 SKILL YANG PALING DICARI SAAT INI

21
0
5 SKILL YANG PALING DICARI SAAT INI

Era digital dimulai dari tahun 1990 hingga saat ini. Dimana seluruh masyarakat dunia sangat mudah untuk mengakses berbagai infomasi global.

5 SKILL YANG PALING DICARI SAAT INI
5 SKILL YANG PALING DICARI SAAT INI

Dengan munculnya internet merupakan sebuah daya tarik yang sangat kuat. Siapapun dengan mudah mampu menemukan informasi, bacaan, dan tontonan yang diinginkan sesuai kebutuhkan.

Era digital mulai hadir karena adanya revolusi yang awalnya dipicu oleh suatu generasi remaja yang lahir ditahun 80 an. Kehafiran digitalisasi ini menjadi awal mula era informasi digital atau perkembangan teknologi yang saat ini jauh lebih modern.[1]

Di era globalisasi seperti sekarang dan ketatnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan, kemampuan memahami dan menguasai tekonolgi digital sangat dibutuhkan dan dicari oleh berbagai instansi dan perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu dikuasai untuk bersaing dalam pekerjaan, karier, berbisnis. Berikut adalah daftar skill yang dibutuhkan saat ini :

1. DIGITAL MARKETING

Pemasaran digital atau dikenal dengan sebutan digital marketng merupakan aktivitas mempromosikan atau memasarkan suatu produk melalui situs internet atau media digital.

Di zaman sekarang, rasanya tidak mungkin kalau masih ada orang yang tidak mengenal internet. Seluruh aktivitas dan kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan dengan mudah melalui sosial digital hanya dengan menekan satu tombol dilayar gadget.

Tidak heran bila banyak perusahaan atau instansi yang berkompetisi melakukan pemasaran digital yang paling menarik agar mudah mendapatkan konsumen. Beberapa teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing antara lain, email marketing, billboard elektronik, SEO atau search engine optimization yang akan membantu website perusahaan muncul di laman depan mesin pencari, sampai pemasaran online melalui Google Ads atau FB Ads.

2. CONTENT WRITER

Sudah bisa dipastikan bahwa saat ini perusahaan besar sudah mempunyai website. Faktanya, kebutuhan dan keperluan kita hari ini sangat mudah didapatkan dengan browsing apa yang kita perlukan, misalnya spesifikasi laptop kualitas bagus, tempat makan favorite, tips meraih sukses, dan lainnya. Cukup menggunkan keyword akan muncul berbagai tulisan yang dibutuhkan. Dan artikel itu ada karena ada orang yang menuliskan. Oleh karenanya perusahaan sangat membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Terutama content writer.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 11 Halaman 181 Silabus Mandiri Hukum Tajwid

3. DESAIN GRAFIS

Adanya pemasaran secara digital dibutuhkan kemampuan menciptakan konten visual kreatif. Skill semacam ini digeluti seorang desainer grafis, dimana ia dituntut menciptakan hasil foto yang menarik, ilustrasi yang imajinatif, dan video-video yang mampu menghipnotis konsumen. Kamu yang memiliki kemampuan desain grafis sangat beruntung. Sebab, profesi ini tak terbatas. Kamu mampu bekerja disebuah perusahaan atau bekerja secara freelance sebagai creator atau membuka jasa desain, seperti banner, flayer, logo, undangan, sampai packaging.

4. PUBLIC SPEAKING

Kemampuan berpidato di khalayak umum sebuah skill yang tidak semua orang mampu melakukannya. Orang yang senang melakukan aktivitas sosial, suka memimpin, dan senang memecahkan masalah biasanya akan lebih mudah berbicara di khalayak umum, atau disebut public speaker. Disinilh orang yang memiliki keterampilan public speaking akan unggul di perusahaan atau freelancer sebagai motivator, tranier, pembawa acara, podcaster, dan lainnya. Orang yang memiliki kecenderungan public speaking akan mudah bersosial dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. PENERJEMAH

Memiliki kemampuan berbahasa asing tidak hanya menguntungkan dari sisi pertemanan, tetapi juga karir. Dikenal juga dengan sebutan translator, tugasnya adalah menerjemahkan teks berbahasa asing. Tidak sekedar translate kata, seorang penerjemah harus mengerti konteks dari bahasa yang diterjemahkan. Caranya tentu dengan melakukan riset di internet atau buku. Translayor juga bekerja dengan bantuan kamus, buku panduan literatul bahasa, ensiklopedia, juga program penunjang lainnya[2]. Kamu yang pandai berbahasa asing bisa memilih penerjemah sebagai profesi utama atau hanya sekedar sampingan.

6. CONTENT CREATOR

Hobi membuat konten atau menyebarkan hal-hal positif disosial media? keterampilan ini cocok untuk kamu yang ingin menjajal profesi content creator. Dikenal sebagai penggiat sosial media, kita bertanggung jawab atas validitas materi yang tersebar, khususnya di media digital. Konten yang dibuat tentu saja disesuaikan sesuai audiens. Ada yang bernilai edukasi, tutorial, bisnis, hiburan, atau konten kesehariannya. Content creator dituntut untuk kreatif, inovatif, dan update issu-issu yang tengah diperbingkan warganet.

Baca Juga:  Registrasi Sekolah Kedinasan STIN 2024 telah Dibuka, ikuti Syaratnya di mari!

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

[1] https://bamai.uma.ac.id/2022/05/31/sejarah-perkembangan-digital-serta-pengertian-sekaligus-manfaatnya/

[2] Asuti, Dian Novandra, Ikigai (Yogyakarta: Scritto Books Publisher: 2022, hal 107.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *