5 Tips Meraih Sukses

18
0
5 Tips Meraih Sukses

Meraih kesuksesan adalah perjalanan panjang yang tidak ditempuh hanya satu sampai dua hari saja.

5 Tips Meraih Sukses
5 Tips Meraih Sukses

Memerlukan kesabaran dalam prosesnya dan kegigihan dalam meraihnya. Untuk itu, kita perlu tahu tips dan trik untuk meraihnya. Berikut 5 tips meraih sukses :

1. Tanyakan tujuan hidup

Tujuan hidup ibarat sebuah peta yang akan membawa seseorang ke tujuan yang diinginkan. Seorang traveller yang tidak memiliki peta atau guide ada kemungkinan ia tersesat, kecuali orang yang sudah hapal betul rute perjalanannya. Begitu pula dengan perjalanan sukses, perlu ditentukan tujuan hidup yang betul-betul sesuai value diri sendiri. Jika tujuannya sudah jelas maka akan mudah untuk sampai kepada pelabuhan akhir. Oleh karenanya, tentukan dari sekarang apa tujuan hidup mu.

2. Kenali diri sendiri

Mengenal diri sendiri adalah bagian self love. Seseorang yang sudah mencintai dirinya secara utuh ia akan menemukan tiga hal dalam dirinya, yaitu : ia akan menjadi lebih dekat dengan Rabb-Nya, mengenal diri dan potensinya, serta senang dengan hal yang sedang dilakukan.

3. Membuat perencanaan

Teringat sebuah quotes, “Ketika kamu gagal mempersiapkan, maka kamu sedang mempersiapkan untuk gagal”. Itu artinya apapun yang sedang kamu impikan perlu dibuat perencanaan agar tujuan mu semakin jelas dan mudah untuk melangkah.

4. Hadapi rintangan

Dalam sebuah perjalanan pasti menemukan rintangan. Ada duri yang terinjak, tanjakan mendaki, turunan terjal, dan tangisan tiada henti. Setiap pejuang pasti mengalaminya, namun kita selalu punya pilihan untuk terus berjalan dan menghadapi segala halang rintang. Bisa jadi setelah dua atau tiga langkah lagi kamu akan sampai kepada tujuan mu. tugas mu melakukan ikhtiar langit dan bumi setelahnya bertawakal kepada Allah.

Baca Juga:  Tips Menyusun Peta Konsep yang Sederhana namun Menarik

5. Teruslah berproses

Seberapa ketirnya kamu menghadapi ujian, seberapa lelahnya kamu diterpa badai, seharusnya tidak menghalangi mu untuk menyerah. Kamu boleh menjeda sebentar untuk menghela napas. Namun, kamu tetap berada dalam perjuangan mu. kita tidak pernah tahu langkah ke berapa yang akan menyampaikan kepada doa-doa dan usaha kita. Teruslah berproses sampai pada waktunya Allah yang memantaskan.

 

Lima tips diatas dikutip dari buku ikigai, Astuti dan Dian Novandra. Namun redaksinya milik penulis.

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *