TIPS MEMULAI USAHA TANPA MODAL

9
0
TIPS MEMULAI USAHA TANPA MODAL

Bisnis merupakan hal yang masih berjalan dan terus berkembang hingga sekarang. Banyak sektor yang bergerak dalam lingkup bisnis, seperti kuliner, pertanian, dan tekstil. Seiring berkembangnya zaman, strategi promosi kini sudah jarang ditemukan dalam belum brosur dan media cetak lainnya, mereka kini lebih memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat video konten atau menyewa influencer. Banyaknya hal yang bisa dilakukan dalam dunia maya, membuat para pengusaha ini mengasah ide untuk membuka lapangan kerja melalui media sosial.

Untuk memulai sebuah usaha sangat berkaitan dengan yang namanya modal, beberapa usaha memerlukan modal agar terealisasikan bisnisnya dan berjalan lancar. Namun, pernahkah kamu mendengar bahwa sebuah usaha bisa berjalan tanpa adanya modal? Hanya dengan memanfaatkan media online, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, lho.

TIPS MEMULAI USAHA TANPA MODAL
TIPS MEMULAI USAHA TANPA MODAL

Berikut tips untuk memulai usaha tanpa modal, cocok untuk kamu para pelajar atau mahasiswa yang tidak memiliki modal awal

Menjual apa yang dimiliki

Menjual hal yang kamu punya, seperti memanfaatkan barang yang sudah tidak ingin kamu pakai dengan alasan bosan atau barang bekas yang masih layak pakai. Dengan memanfaatkan hal ini kamu dapat meminimalisir dana yang akan kamu keluarkan, bahkan bisa dibilang hanya modal handphone dan kuota saja kamu bisa menghasilkan uang. Usaha ini namanya preloved. Usaha preloved bisa kamu lakukan pada salah satu online shop atau platform

Bergabung Dropshipper

Dalam bisnis ini kamu hanya perlu melakukan promosi terhadap produk dan membiarkan konsumen untuk memesan produk melalui kamu, nanti kamu akan mendapatkan keuntungan dari jumlah produk yang terjual. Usaha ini tidak memerlukan modal karena tugas kamu hanya memesan produk kepada supplier sejumlah barang yang dipesan customer dan tidak perlu menyetok barang. Untuk pengemasan dan segala macamnya akan diatur oleh supplier atau penjual pertama. Sangat menyenangkan bukan menjadi dropshipper? Statusmu seperti penjual kedua yang menjadi perantara antara pelanggan dan penjual pertama.

Baca Juga:  Cara memulai usaha pakaian

Bergabung reseller

Meskipun serupa dengan dropshipper, namun tetap saja tidak sama. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan dropshipper yaitu melakukan pemesanan kepada supplier sejumlah barang yang dipesan oleh customer. Perbedaannya yaitu pada nama brand. Untuk reseller kamu bisa membuat nama brand dan menjual mengatasnamakan reseller, namun dropshipper tidak membuat nama brand sendiri melainkan langsung dari supplier. Reseller perlu melakukan pengemasan dan segala macam langsung diantar oleh reseller, sedangkan dropshipper hanya perlu memesan tanpa melakukan apapun karena sudah menjadi tugas supplier. Kira-kira lebih baik yang mana?

Menjadi freelancer

Menjadi freelancer merupakan hal yang cocok untuk kamu jika tidak ingin terikat pada pekerjaan. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini saat dipanggil atau bisa disebut sebagai pekerjaan lepas. Banyak sekali usaha freelance yang bisa kamu gunakan dalam hal ini dan bisa kamu manfaatkan dalam era digital saat ini.

Kamu bisa memilih usaha freelance sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, namun kamu juga bisa mencoba hal lain yang kamu minati karena terdapat banyak sekali pilihannya. Jika kamu menyukai tantangan, kamu bisa mencoba untuk belajar hal-hal yang tidak pernah kamu coba, siapa tau itu passion kamu, kan?

Itulah di atas beberapa tips untuk melakukan bisnis tanpa modal. Bisnis tanpa modal sangatlah beragam, dari mulai memanfaatkan era digital hingga konvensional. Berhubung sekarang zaman serba mudah, mengapa kamu tidak memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan potensi dirimu? Jika tidak sekarang, kapan lagi, kan?

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *