Penemuan Reptil Ular Naga Di Sanggabuana

27
0
Penemuan Reptil Ular Naga Di Sanggabuana

Jakarta, Redaksiku.com Sanggabuana Wildlife Ranger (SWR) menemukan seekor ular naga Jawa di gunung Sanggabuana pada Sabtu malam (29/10/2022). SWR menemukan ular naga jawa (Xenodermaus javanicus) bersama mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Nasional di Sispala Samaru dan SMA 1 Tegalwaru saat melakukan survei vegetasi.

“Ular naga ini kami temukan di Sungai Curug Cikoleangkak pada malam hari saat kami sedang melakukan herpes (mencari amfibi atau burung). (1/11/2022). Deby dan timnya telah mencari sebidang tanah naga Jawa selama setahun dan menemukannya beberapa hari secara kebetulan selama survei rumput. “Kami mencari (naga Jepang) di Curug Cipanunda di atas KampungTipar di Kabupate  n Karawang, dan Curug Cimata Indung yang hutannya termasuk dalam Kabupaten Purwakarta,” katanya.

Penemuan Reptil Ular Naga Di Sanggabuana
Penemuan Reptil Ular Naga Di Sanggabuana

Deby mengatakan komodo adalah spesies ular dari famili Xenodermidae. Ular ini memiliki panjang sekitar 50 sentimeter yang tidak ditemukan di pulau Jawa di pulau lain. Berbeda dengan naga dalam mitos yang memiliki sayap dan bisa menyemburkan api, naga jawa tidak memiliki sayap dan senjata dari mulutnya. Namun, naga jawa ini memiliki sisik yang lebih berat dari ular pada umumnya, mirip dengan sisik biawak. Hal lain yang mirip dengan naga adalah adanya sisik atau duri yang menonjol yang disebut hemipenias di punggung atau punggung.

Baca Juga:  Medan: Jejak Sejarah Kota Multikultural di Sumatra Utara
Redaksiku
WRITTEN BY

Redaksiku

redaksiku.com adalah platform media berita gen z, terkini Indonesia hari ini yang menyajikan informasi lengkap oleh sumber terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *