Menu Berbuka Hemat Ala Anak Kost

6
0
tips berbuka hemat ala anak kost

Ramadhan telah tiba, yang mana selama bulan Ramadhan  seluruh umat muslim diwajibakan untuk berpuasa. Berbuka puasa adalah suatu momen yang ditunggu-tunggu umat muslim selama bulan Ramadhan.

Setelah seharian menahan diri dari rasa haus dan lapar. Bagi pelajar yang tinggal sendiri atau anak kost, atau kamu yang bekerja dan jauh dari orang tua. Dengan memasak sendiri kalian dapat menghemat, daripada membeli di warung.

tips berbuka hemat ala anak kost
tips berbuka hemat ala anak kost

Saat berbuka puasa menu berbuka hemat adalah salah satu trik anak kost, terlebih mereka yang hidup merantau jauh dari keluarga.

Istilah hemat tidak lepas dari anak kost apalagi di bulan Ramadhan, dengan membuat masakan sendiri akan jauh lebih irit dan bisa mendapatkan porsi yang lebih banyak.  Sebenarnya ada banyak sekali menu masakan  untuk berbuka puasa sederhana dengan waktu singkat, atau bahkan banyak menu berbuka hemat ala anak kost yang bisa kamu membuat sendiri. Artikel ini akan membahas dan membagikan menu berbuka hemat ala anak kost. Tidak perlu masak menu buka puasa yang mewah, kamu hanya perlu menyajikan menu berbuka puasa yang simple, seperti dibawah ini.

Berikut menu berbuka hemat ala anak kost:

  1. Gorengan

Menu satu ini sangat tidak asing lagi, jika kamu suka dengan gorengan, tidak salahnya untuk memilih gorengan sebagai menu berbuka puasa. Gorengan biasanya identik dengan tempe, tahu goreng ataupun pisang goreng.

Namun banyak pilihan gorengan yang bisa kalian jadikan sebagai santapan berbuka puasa seperti  bakwan jagung, lumpia dan makanan lainnya. Dengan menu hemat ini juga kamu bisa memasak gorengan sendiri dikost  menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

  1. Nasi goreng

Menu satu ini adalah salah satu menu yang praktis di buat bahkan mungkin semua anak kost bisa membuatnya. Contohnya seperti nasi goreng telor merupakan menu yang simple hanya dengan menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan cabai. Dengan menambahkan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil seperti wortel ataupun kacang polong. Tumus hingga matang dengan menambahkan telor  ataupun dengan acar timun.

  1. Sup ayam
Baca Juga:  Menu Buka Puasa

Menu berkuah satu ini juga dapat kamu jadikan sebagai salah satu menu hemat berbuka ala anak kost. Dengan merebus daging ayam dengan sayuran wortel, kentang, seledri dan tambahkan bumbu seperti merica, garam, bawang putih.

  1. Sayur bening dan telor

Menu berkuah ke dua adalah sayur bening, menu rumahan yang sering dinikmati. Anak kots pasti jarang sekali mengkonsumsi sayur-sayuran. Nah dengan menu ini kalian dapat mencoba memasak untuk berbuka puasa. Menu ini sangatlah mudah dimasak dan bahan yang mudah dicari biak itu di pasar, tukang sayur ataupun di supermarket. Dengan lauk pendaping kamu bisa memasak telor, bisa di ceplok atau didadar sesuai selera kamu.

  1. Oseng tempe

Menu berbuka hemat ala anak kost satu ini juga menu yang sederhana hanya dengan menggunakan bahan tempe bisa menjadi santapan yang nikmat saat berbuka puasa. Dengan cara menggoreng tempe terlebih daulu lalu dioseng bersamaan bumbu kecap serta bumbu-bumbu lainnya.

  1. Cah kanggung dan ayam goreng

Menu satu ini juga sering dijadikan menu di warteg. Karena rasanya yang menu satu ini dapat kamu jadikan sebagai menu berbuka puasa hemat ala anak kost. Kamu hanya perlu 1 ikat kanggung yang sudah bersih dan masak menggunakan bawang putih, cabai dan bumbu sesuai selera, jika kamu ingin lebih enak bisa menambahkan dengan saus tiram serta penyedap jamur. Dan tidak lupa dengan menambahkan ayam goreng.

  1. Sayur orak-arik

Menu sayur selanjutnya adalah perpaduan dari beberpa kombinasi sayur seperti wortel, brokoli, kubis dan dapat ditambahkan dengan telur. Menu yang sangat sederhana, akan tetapi menu makanan ini banyak mengandung vitamin serta baik untuk tubuh.

Itulah beberpa menu berbuka puasa hemat ala anak kost yang bisa kalian coba masak dengan bahan yang murah dan mudah dicari. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam menentukan menu berbuka puasa di bulan Ramadhan ini.

Baca Juga:  Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *