Tempat Wisata Pontianak yang wajib dikunjungi

7
0
Tempat Wisata Pontianak yang wajib dikunjungi

Pontianak merupakan wilyah yang menjadi ibukota dari Kalimantan Barat. Kalimantan sendiri masih terkenal dengan budaya yang kental dan selalu dilestarikan. Apalagi dengan keindahan alam yang bisa dinikmati di kota besar Kalimantan barat. Kota ini dikenal sebagai kota khatulistiwa karena wilayahnya dilalui oleh garis khatulistiwa.

Karenanya banyak pemandangan indah di sana. Selain dijuluki sebagai kota khatulistiwa, Pontianak juga dijuluki sebagai kota Seribu Parit dan Pontianak kota Bersinar yang didukung oleh keberagaman budaya tionghoa, dayak, dan melayu.

Wisata budaya yang terdapat di Kalimantan akan terealisasikan dan terus berkembang jika masyarakatnya saling mendukung. Masyarakat Pontianak akan menyambut para wisatawan dan turis yang datang dengan ramah.

Tempat Wisata Pontianak yang wajib dikunjungi
Tempat Wisata Pontianak yang wajib dikunjungi

Kota yang memiliki streotip kota menyeramkan dari masyarakat karena terdapat kuyang, siapa sangka di dalamnya terdapat destinasi wisata yang menyenangkan dengan pemandangan alam yang memukau ditambah dengan nilai sejarah yang terus dilestarikan agar tidak punah dari peradaban.

Berikut destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat di pontianak mulai dari wisata alam, wisata, edukasi, dan wisata budaya.

Pekan Gawai Dayak

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun masyarakat suku dayak. Pertama kali digelar pada tahun 1986 dan terus dilestarikan hingga sekarang. Pekan Gawai Dayak diadakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap pasca panen padi yang melimpah, keamanan, kesehatan, dan mencari peluang untuk meningkatkan hasil pangan. Kegiatan ini berupa upacara adat dilanjut dengan ritual, tarian, pameran, bahkan fashion show. Acara ini diangendakan sebelum tanggal 25 Mei. Jika kamu ingin melihat proses Gawai Dayak secara langsung, estimasikan kedatangan kamu sebelum tanggal 25 Mei. Dengan melihatnya secara langsung kamu dapat merasakan seni dan budaya Dayak yangterus dilestarikan dan tetap utuh meskipun berbarengan dengan kemajuan teknologi. Dengan banyaknya wisatawan domestik dan turis yang berkunjung dapat meningkatkan perekonomian kota pontianak.

Baca Juga:  Tempat Wisata balikpapan

Tugu Bambu Runcing

Tugu Bambu Runcing disebut juga ebagai tugu Digulis merupakan monumen terkenal di kota Pontianak. Monumen yang merupakan jejak sejarah sudah ada sejak 1987 dengan rangka mengenang jasa para pahlawan 11 tokoh sarekat islam di Kalimantan Barat. Letaknya yang strategis di pusat kota membuat monumen ini mudah diakses oleh kendaraan. Tempat ini cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga. Tugu Bambu Runcing ini berkonsep dari masa penjajahan yang melawan penjajah dengan menggunakan bambu runcing.

Keraton Kadriah

Tempat wisata ini berupa bangunan keraton peninggalan kesultanan Pontianak. Di dalamnya, wisatawan bisa menemukan benda sejarah kuno seperti meriam dari hasil peninggalan Jepang dan Portugis serta perabotan yang ditinggalkan sultan dan permaisuri. Hanya dengan Rp5.000 (harga bisa berubah) kamu bisa menikmati jejak sejarah tempat kediaman Kesultanan Pontianak.

Coffee Street Pontianak

Tempat khusus bagi kamu sebagai pecinta kopi. Dibentuk pada tahun 90-an hingga kini masih terjaga eksistensinya di kalangan masyarakat. Coffee street merupakan jalan yang pinggirannya dipenuhi oleh warkop hingga sampai ke gang-gangnya. Kamu bisa berkunjung ke sini dengan untuk mencoba kopi yang berkualitas. Coffee street sangat ramai dikunjungi pada malam hari dan memang paling cocok dipakai untuk keperluan insta story dan kumpul-kumpul bersama.

Itulah di atas tempat rekomendasi wisata dari berbagai daerah yang masih di Pontianak. Mulai dari tempat bersejarah, tempat ikonik, tempat dengan budaya yang masih kental, hingga tempat modern yang digemari masyarakat millenial dan generasi Z.

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *