Tempat Wisata Aceh

7
0
Tempat Wisata Aceh

Kota Aceh atu kota Serabi Mekkah ini merupakan provinsi paling Barat Indonesia dan paling Utara di pulau Sumatera. Aceh memiliki banyak potensi alam, wisata, budaya serta sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Aceh
Tempat Wisata Aceh

Berikut ini beberapa wisata Aceh yang dapat kami rekomendasikan untuk kalian yang berkunjung atau berlibur ke kota ini:

  1. Danau laut tawar

Jika kalian berkunjung ke Aceh terutama Aceh Tengah, jangan lewat kan untuk berkunjung ke wiata danau laut tawar. Danau yang luar sekitar 5.472 hektar dan panajng 17 kilometer dengan lebar 3.219 kilometer. Danau laut tawar menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah karena terdapat dua bukit yang mengapit danau ini yang menambah keindahan serta daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke danau laut tawar.

  1. Gua walet

Disebut gua walet karena banyak nya burung walet yang menghuni gua ini. Destinasi ini termasuk wisata Aceh yang belum banyak orang tahu. Jika kalian berkunjung ke gua walet kalian dapat melihat burung walet yang terbanga wara-wiri dengan jarak yang dekat.

  1. Pulau tsunami

Setelah terjadinya tsunami pada tahu 2004 di Aceh, terdapat pulau yang merupakan belahan dari pulau ujung yang ada di Aceh. Para wisatawan baik dalam negeri ataupun dalam luar negeri banyak mengunjuni pulau tsunami ini. Keindahan akan pulau tsunami ini juga menjadi penginat manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Museum tsunami

Museum ini berda tepat di pusat kota Aceh. Museum ini banyak dikunjungi wisatawan karena museum tsunami ini menjadi pengingat serta monumen penghargaan bagi orang-orang yang berjuang melwan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Di museum ini kalian dapat melihta foto-foto, kisah serta keadaan tsunami pada waktu itu. Disini juga terdapat nama-nama yang menjadi korban dari bencana tsunami.

  1. Mesjid Raya Baiturrahman
Baca Juga:  Tempat Wisata Ciamis

Beralih ke wisata relegi, wisata ini merupakan salah satu wisata Aceh yang tidak boleh kalian lewatkan jika berada di kota Aceh. Mesjid raya baiturrahman merupakan ikonnya wisata kota Aceh. Mesjid ini juga menyimpan cerita terutama ketika perstiwa tsunami terjasi, mesjid ini menjadi tempat masyarakat untuk berlindung oleh itu mesjid ini sangat bersejarah bagi masyarakat selain itu mesjid ini juga dibangaun oleh Sultan Aceh kala itu, yaitu Sultan Iskandar Muda.P

Bangunana mesjid yang berwarna putih dengan kubah berwarna hidam dan dikelilingi dengan tujuh menara yang memiliki kubah hitam diatas nya dan kolam besar disertai dengan air mancur menambah kesan megah dari mesjid ini.

  1. Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien merupakan destinasi wisata sejarah atau edukasi terlebih jika kalian yang berlibur bersama keluarga dan anak dapat mengenalkan sosok pahlawan yang penting agar tumbuh rasa cinta terhadap perjuangan pahlawan. Cut Nyak Dien adalah seorang pahlawan wanita yang berjuang melwan penjajah Belanda di Bumi Serabi Mekkah. Museum rumah Cut Nyak Dien ini kalian dapat melihat arsip-arsip perjuangan dalam memperjuangkan untuk mengusir penjajah Belanda.

  1. Tugu nol kilometer

Tugu nol kilometer menjasi salah satu wisata Aceh. Tugu nol kilometer merpakan tugu yang menjadi titik nol Indonesia. Sehingga kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh tapi belum berkunjung ke Tugu nol kilometer ini. Tugu ini berlokasi di Desa Iboih Ujong Ba’u Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau weh, Aceh.

Itulah beberapa tempat wisata Aceh yang dapat kalian kunjungi baik dari wisata alam, budaya bahkan sejarah yang berada di kota Aceh.

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *