Jenis Jeni’s komputer

9
0
Jenis Jeni's komputer

Komputer adalah perangkat elektronik uang dirancang untuk menerima, menyimpan, memprosil danmenghasilkan informasi dengan menggunakan serankaian intruksiatau program yang telah ditentukan.

Di era sekarang perkembangan jenis-jenis kompuer telah mengalami kemajuan dengan pesat seiring berjalan nya waktu.

Jenis-jenis komputer dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari komputer komputer desktop, laptop, netbook dan tablet, komputer server hingga supercomputer. Jenis-jenis komputer memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda.

Jenis Jeni's komputer
Jenis Jeni’s komputer

Kini semakin banyak jenis-jenis komputer yang diciptakan dengan kecanggihan teknologi yang mempuni. Hal ini juga membuktikan bahwa pengetahuan teknologi semakin maju. Berikut jenis-jenis komputer antara lain:

  1. Personal Computer (PC)

Personal computer adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris yang artinya komputer pribadi. Personal computer adalah komputer yang biasanya ada di rumah, toko, ataupun kantor yang bersifat pribadi. Fungsi utama dari komputer ini adalah melakukan pengelolaan dan inpur output sederhana sesuai kebutuhan penggunaan.

  1. Komputer Desktop

Jenis-jenis komputer selanjutnya adalah komputer desktop. Komputer ini menawarkan lebih banyak daya, penyimpanan, dan kemampuan dengan biaya yang lebih murah daripada komputer portabel. Jenis komputer ini laku di tahun 1990 an ketikan laptop masih dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Sedangakan sekarang, komputer desktop memiliki harga yang lebih murah daripada 20 tahun yang lalu. Disebabkan dengan berkembangnaya teknologi lain seperti laptop dan smartphone yang sudah menominasi di dunia teknologi.

  1. Laptop

Laptop adalah evolusi dari jenis komputer deskop dimana semua ukuranya menjasi lebih kecil mulai dari keyboard, cpu, dan juga monitornya. Menariknya lagi laptop dapat merangkum semua menjadi satu perangkat yang memudahkan orang membawanya. Dengan seiring nya waktu laptop hadir dengan berbagai macam konfigurasi dari yang rendah hingga tinggi. Dapat dilihat dari spesifikasinya dalam penggunaaan RAM, ROM, dan hard disk.

  1. Netbook
Baca Juga:  Ini Dia! Toupup Game Terlengkap yang Aman dan Murah di ZeroTopup

Netbook berbeda dengan laptop meskipun keuanya merupakan perangakt potable yang dapat dibawa kemana-mana, tetapi memiliki perbedaan antara keudanya. Dari segi fungsi, netbook dirancang untuk kebutuhan daya yang cukup untuk memungkinkan pengguna meneruskan pekerjaan. Netbook memeliki bobot yang ringan dan tipis. Netbook merupakan salah satu jenis komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet.

  1. Komputer server

Tidak seperti komputer lainya seperti PC desktop atau laptop. komputer server ini tidak digunakan untuk melakukan tugas ringan seperti mengetik. Melainkan untuk menyediakan daya komputer melalui jaringan area lokal atau melalui internet. Perusahaan kecil dan bear mengandalkan komputer server untuk memberikan informasi, memproses pesanan, melacak data pengeiriman, meolah formula ilmiah dan banyak lagi.

Seperti PC biasa, server mimiliki komponen komputer yang khas yaitu seperti metherboard, RAM, kartu vidio, catu daya, dan koneksi jaringan yang cukup untuk kebutuhan apa pun.

  1. Komputer analog

Komputer analog dirancang untu dapat bekerja secara paralel. Komputer ini digunakan untuk mengolah data yang bersifata kelanjutan dengan data berupa angka-angka kuantitatif dan besaran fisik seperti tekanan udara, arus listrik, temperatur, kecepatan angin serta gelombang suara. Namun komputer ini memiliki kelebihan seprti pengelolaan data yang sangat cepat, ketepatan dalam pengukuran, bisa berfungsi untuk pengontrolan yang otomatis pada proses suatu industri tertentu.

  1. Supercomputer

Jenis-jenis komputer yang terakhir adalah supercomputer, jenis komputer ini berdsasarkan ukuran yang besar dibandingkan dengan komputer lainnya. Supercomputer hanya digunakan khusus oleh organisasi atau perusahaan besar dengan tujuan untuk melakukan suatu tugas tertentu. seperti organisasi sebear NASA yang menggunakan komputer jenis ini, untuk mengendalikan pesawat atau roket terbang ke luar angkasa.

Baca Juga:  Sempat Buat Bingung Netizen, Ini Alasan Elon Musk Ubah Logo Twitter Menjadi “X”

Itulah jenis-jenis komputer yang perlu ketahui dengan kemajuan teknologi semakin canggih dan menciptakan teknologi dengan perkembangan jenis komputer yang terjasi secara terus menerus.

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *