Doa Buka Puasa Ganti

4
0
doa buka puasa ganti

Doa puasa ganti ? apa itu ? Tidak semua bisa melaksanakan puasa ramadhan satu bulann penuh, dan wajib mengganti dihari lain diluar Ramadhan, maka doa puasa ganti juga wajib diketahui. Puasa wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim, tetapi ada beberapa orang yang mungkin berhalangan atau tidak dapat menunaikan puasa tersebut. oleh sebab itu dapat mengganti puasa tersebut di hari lain.

doa buka puasa ganti
Doa Buka Puasa Ganti

Ada empat golongan orang yang diperbolehkan tidak puasa di bulan ramadhan, namun mereka harus mengganti puasanya dengan cara meng qadha. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist sebagai berikut:

“Qadha puasa ramadhan ialah, jiga seseorang hendak, maka dia tidak diperbolehkan (puasa qadha/ganti) namaun secara terpisah serta apabila dia tidak berkehendak, maka seseorang tersebut boleh melakukan (puasa qadha/ganti) dengan berurutan.” (HR. Daruquthni dari Ibnu Umar)

Berbicara tentang puasa ganti atau qadha, akan lebih baik kita mengetahui bagaimana cara serta doa niat puasa ganti serta doa buka puasa ganti.

Selain wajib untuk mengganti puasa, kita juga perlu mengetahui tata cara puasa qadha yang benar sesuai dengan syariat, berikut ini tata cara puasa qadha sebagi berikut:

  • Saat menjalankan puasa ganti, dianjurkan agar melakukan puasa dengan secar berurutan. Meski dibolehkan untuk menunaikan ganti puasa dengan selang seling.
  • Menjalankan puasa ganti seseuai dengan puasa yang telah kita tinggalkan, contohnya kita meninggalkan puasa sebanyak 7 kali maka kita juga harus mengganti puasa tersebut sebanyak 7 kali.
  • Mengucapkan niat untuk melakukan puasa ganti dengan ikhlas dan benar di dalam hati.
  • Jika lupa jumlah berapa kali meninggalkan puasa, maka wajib untuk melakukan puasa qadha dengan mengambil jumalah terbanyak dari hari yang ditinggalkan. Hal tersebut bertujuan agar puasa ganti yang kita jalankan tidak meninggalkan kekhawatiran serta dapat memberikan ketenangan saat mengganti puasa.
  • Saat menjalankan ibadah puasa ganti, dianjurkan untuk mengisi waktu kosongan dengan banyak beribah kepada Allah swt.
  • Membaca doa buka puasa ganti dengan benar.
Baca Juga:  Hukum tidak membayar zakat fitrah

Jadi itulah cara yang benar dalam menjalakan puasa ganti atau qadha. Selain mengetahui hal diatas perlu diketahui juga doa niat puasa qadha. Berikut ini doa niat puasa ganti sebagai berikut

“Nawaitu sauma ghadin’an qadha’i fardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala.

Arti: aku niat untuk meng-qhada puasa di bulan ramadhan besok hari karena Allah SWT.

Selain doa buka puasa ganti, doa buka puasa ganti juga perlu diketahui. Karena salah satu sunnah berpuasa adalah menyegerakan berbuka puasa dengan membaca doa buka puasa. Seluruh umat Muslim juga dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW bahwa untuk membaca doa buka puasa, dibawah ini merupakan bacaan doa buka puasa ganti:

  1. Doa buka puasa ganti versi satu

اللَّهُ شَاءَ إِنْ الْأَجْرُ وَثَبَتَ الْعُرُوقُ وَابْتَلَتِ الظَّمَأُ ذَهَبَ

Latin: Dzahabazh zhoma’u wabtallati ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaAllah

Artinya: “telah hilang dahaga, tenggoroekan basah, dan telah diraih pahala, insyaAllah.”

  1. Doa buka puasa ganti versi dua

Bacaan doa ini merupakan salah satu bacaan doa buka puasa yang sering digunakan oleh umat muslim.

الرَّاحِمِينَ أَرْحَمَ يَا بِرَحْمَتِكَ أَفْطَرْتُ رِزْقِكَ وَعَلَي آمَنْتُ وَبِكَ صُمْتُ لَكَ اللَّهُمَّ

Latin” Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthortu birahmatika ya arhamarrahimin.

“ya Allah, hanya kepada-Mu hamba berpuasa, hanya kepada-Mu hamba percaya dan hanya dengan reseki dari-Mu hamba berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang maha penyayang.”

Itulah, ulasan tentang puasa ganti atau qadha, serta tata cara menjalankan puasa qadha, dari niat hingga doa buka puasa ganti. Semoga adanyan artikel menambah ilmu kita.

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *