Ketahui Niat Puasa yang benar

4
0
niat puasa

Sudah tahu Niat Puasa yang benar ?Di bulan Ramadhan ini bukan hanya memperbanyak amal ibadah tetapi juga diwajibkan untuk melakukan puasa. Ibadah puasa saat bulan Ramadhan adalah puasa yang hukumnya wajib bagi seluruh umat Muslim yang berakal, sehat, dan sudah baligh. Puasa Ramadhan adalah waktu khusus untuk refleksi, ibadah, dan pembersihan jiwa.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang niat puasa Ramadhan. Karena penting untuk mengetahui bagaimana bacaan niat puasa Ramadhan, arti serta tata caranya. Untuk lebih jelas lagi bisa kamu simak penjelasan di bawah ini.

1 Ramadhan 1445 dimulai pada 12 Maret 2024. Dan yang perlu diketahui, salah satu yang membedakan ibadah satu dengan lainnya adalah niat. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena termasuk dalam rukun setiap ibadah. Dalam menjalankan puasa Ramadhan, umat Islam dimulai dengan membaca niat pada malam hari, sejak terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Niat letaknya di dalam hati. Dan menurut Mazhab Syafii, untuk puasa Ramadhan, setiap malam harus niat. Artinya, kamu dapat membaca niat puasa saat malam hari atau saat makan sahur.

Niat sudah boleh dilakukan ketika memasuki waktu salat Maghrib. Karena dalam kalender Islam atau kalender hijriah, pergantian hari itu terjadi atau ditandai dengan tenggelamnya matahari atau ketika memasuki waktu salat Mahgrib. Dan juga, menurut madzhab Syafi’i niat puasa juga harus dilakukan setiap malam. Karena puasa bulan Ramadan yang dilakukan setiap hari selama satu bulan penuh bersifat keterkaitan antara puasa hari ini, hari kemarin atau puasa hari besok. Menurut madzhab Syafi’i tidak cukup atau tidak boleh melakukan niat untuk satu bulan penuh.

Baca Juga:  Zakat fitrah dan zakat mal

Adapun juga menurut Imam Malik atau madzhab Maliki, niat puasa tidak harus dilakukan setiap hari,pada malam hari dan saat sahur, akan tetapi boleh dilakukan dengan niat puasa selama satu bulan penuh. Dan niat tersebut dilakukan disaat awal Ramadhan.

Agar puasa kita dapat diterima oleh Alllah swt, tentunya kita harus mengetahui rukun berpuasa yang sesuai dengan sunnah Rasulullah saw. Salah satunya niat, niat adalah salah satu rukun yang wajib dilakukan setiap muslim yang ingin berpuasa.

Berikut cara membaca niat puasa Ramadhan

  1. Niat puasa selalu dibaca pada malam hari

Seperti yang dijelaskan di awal niat puasa ramadhan harus dibaca pada malam hari sebelumnya sampai sebelum adzan subuh. Berbeda dengan niat puasa sunnah yang lebih longgar yang bisa dibaca saat siang harinya. Niat puasa ramadhan harus dibaca sebelum puasa dilaksanakan.  Berikut bacaan niat puasa beserta artinya :

niat puasa

2. Niatkan puasa hanya untuk puasa Ramadhan

Cara kedua ini adalah kamu harus menyebutkan niat berpuaa untuk puasa wajib atau sunnah. Karena dalam agama Islam ada banyak sekali puasa yang harus dilakukan. Oleh karena itu harus niatkan puasa hanya untuk puasa Ramadhan.

3. Dibaca atau dilakukan setiap hari pada bulan Ramadhan

Niat puasa Ramadhan harus dibaca setiap malam pada setiap harinya dari puasa pertama hingga puasa terakhir. Biasanya niat puasa bisa dibaca setiap selesai sholat tarawih atau saat kamu makan sahur. Seperti pembahasan di awal kalangan ulama dari Mazhab Syafi’i berpendapat jika niat puasa harus dilakukan setiap hari. Dari malam hari sampai sebelum terbit fajar.

Dalam membaca doa niat puasa dapat menjadi pengingat, karena dengan kita membacanya setiap hari merupakan sebuah pengingat bahwa sanya diri sendiri sedang menjalankan ibadah puasa kepada Allah Swt dengan melakukan puasa di bulan Ramadhan. Juga dapat menguatkan rasa keikhlasan dalam beribadah. Dengan mengucapkan niat puasa, kita akan memperkuat tekad dalam diri untuk melakukan ibadah puasa dengan rasa yang iklahs, karena Allah Swt. Dan tentunya dapat menambah pahala, niat puasa Ramadhan juga akan menambah pahala serta amalan kita. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, Allah Swt akan memberikan pahala yang berlipat gana kepada kita.

Baca Juga:  Wanita Muslimah di Era Sekulerisme: Hati-hati dalam Pergaulan dengan Kaum Lelaki

Itulah niat puasa Ramadhan serta tata cara membaca niat puasa, semoga dengan adanya artikel ini menambah wawasan mengenai niat puasa srta tata cara niat puasa selama di bulan Ramadhan.

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *