Wisata Kalimantan

7
0
Wisata Kalimantan

Wisata kalimantan disebut juga dengan pulau Borneo, pulau terbesar ketiga di dunia ini terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan juga dikenal dengan julukan “ Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pulau kalimantan banyak terdapat destinasi wisata yang tak kalah indah dari wisata lain di Indonesia. Wisata Kalimantan banyak menyimpan keindahan alam.

Wisata Kalimantan
Wisata Kalimantan

Berikut beberapa wisata Kalimantan yang dapat kalian kunjungi jika berlibur dengan teman ataupun keluarga

  1. Pulau Derawan

Wisata kalimantan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi dengan keindahan nya, pulau derawan ini berada di Kalimantan Timur. Pulau derawan memiliki daya tarik dengan hamparan laut yang biru dan bersih, tidak hanya itu kalian juga bisa berenang bersama ubur-ubur menjadi daya tarik.

  1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional tanjung puting menjadi salah satu taman nasional yang dilindungi karna taman nasional ini merupakan hutan atau rumah bagi orang utan. Untuk menuju taman nasional tanjung puting kalian dapat menggunakan transportasi seperti kapal atau klotok yang biasa disebut oleh masyarat disana.

  1. Pasar Terapung

Tepat di Kalimantan Selatan, wisata yang satu ini sudah tidak asing lagi terdengar oleh kalian yaitu wisata pasar terapung. Wisata yang menjadi daya tarik nya adalah pasar yang berada di sungai dengan menggunakan jukung atau klotok, bahkan pasar ini masih bisa kalian temui masyarakat melakukan pembelian dengan barter.

  1. Bukit Rimpi

Bukit rimpi adalah bukit dengan hamparan rumput yang luas dan mempesona, selain bukit rimpi disebut juga sebagai bukit teletubies. Bukit ini menjasi salah satu pilihan kalian untuk menikmati keindahan sunrise dari pulau rimpi. Bukit rimpi ini berada di desa Tampang, kota Pelaihari, Kalimantan Selatan.

  1. Sungai Mahakam
Baca Juga:  Destinasi Wisata Yang Bisa Dinikmati Di Kota Lembang

Sungai mahakam adalah sungai terpanjang di Kalimantan Timur, dengan panjang sekitar 920 kilometer. Daya tarik wisata sungai mahakam, yaitu kalian dapat melihat lumba-lumba air tawar atau ikan pesut yang berada di sungai mahakam.

  1. Bukit Kelam

Wisata ini teletak di Kalimantan Barat, yang mana bukit inni terletak di antara sungai besar melawi dan sungai kapus. Bukit bukan berarti hamparan bukit dengan rumput hijau naman sebenarnya bikit kelam adalah sebuah batu besar dengan disuguhkan keindahan dan dapat menikmati indahnya sunrise. Yang mana jika kalian ingin mengunjui salah satu wisata kalimantan ini dapat menggunakan jalur darat denganjarak 400 km dari kotak Pontianak dan jalur udara dari Pontianak ke Sintang.

  1. Tugu Khatulistiwa

Kurang rasanya jika kalian berlibur ke Kalimantan jika tidak ke wisata satu ini tepat nya di Sintang, Pontianak Kalimantan Barat. Kota Pontianak menjadi salah satunya yang berada tepat di garis khatulistiwa. Tugu khatulistiwa dibangun tahun 1928, dengan tujuan untuk memberi tanda bahwa tempat ini merupakan berada di titik nol derajat khatulistiwa. Dalam setahun, sinar matahari tanpa bayangan dapat terjadi dua kali di tempat ini, yaitu ketika matahari menyapai puncaknya pada vernel eqinox terjadi pada sekitar tanggal 21- 23 maret dan ekuikonks terjadi pada sekitar tanggal 21-23 september.

  1. Pantai Teluk Tamiang

Keindahan alam merupakan anugerah tuhan yang maha esa menjadi aset berharga. Salah satunya pesona alam yang indah yang berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pantai teluk tamiang ini menyajikan keindahan dengan hamparan pasir putih dan dengan air pantai yang biru jernih. Untuk kalian yang menyukai wisata air laut dapat berkunjung ke wisata pantai teluk tamiang ini.

Baca Juga:  Diorama Arsip Jogja: Cara pemesanan tiket, jam buka dan pertunjukan

 

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *