Sejarah Hari Lahir Pancasila, Kapan, dan Kumpulan Twibbonnya

64
0
Hari Lahir Pancasila 2024

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tanggal 1 Juni sendiri diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila karena berkaitan dengan momen sidang Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Pada sidang kedua BPUPKI ini juga diperingati untuk mengenang pidato Presiden Soekarno pada tahun 1945, yang memperkenalkan konsep dasar negara Indonesia yang kemudian dikenal sebagai Pancasila. Lantas bagaimana sejarah ringkasnya? Selengkapnya berikut ini latar belakang 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Latar Belakang

Pada masa akhir Perang Dunia II, Jepang yang saat itu menduduki Indonesia mulai memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia sebagai upaya untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia. Langkah ini diambil Jepang karena posisi mereka yang semakin terdesak dalam perang dan membutuhkan dukungan dari bangsa-bangsa yang mereka duduki. Sebagai langkah konkret, pada 1 Maret 1945, pemerintah pendudukan Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Badan ini bertujuan untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia, mulai dari struktur pemerintahan hingga dasar negara yang akan digunakan oleh bangsa Indonesia merdeka.

Pidato 1 Juni 1945

Sidang pertama BPUPKI dimulai pada 29 Mei 1945, yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno memberikan pidatonya yang bersejarah, di mana ia mengusulkan dasar-dasar negara Indonesia merdeka yang kemudian dikenal sebagai Pancasila. Dalam pidatonya, Soekarno mengusulkan lima prinsip dasar sebagai berikut: Kebangsaan Indonesia (Nasionalisme), Internasionalisme atau Perikemanusiaan (Humanisme), Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Berkebudayaan. Istilah “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta, di mana “Panca” berarti lima dan “Sila” berarti prinsip atau asas. Pidato ini menjadi tonggak penting dalam sejarah pembentukan negara Indonesia.

Baca Juga:  Sejarah El Castillo

Proses Perumusan

Setelah pidato Soekarno pada 1 Juni 1945, BPUPKI melanjutkan proses perumusan dasar negara dengan membentuk Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945. Panitia ini menghasilkan sebuah dokumen penting yang dikenal sebagai Piagam Jakarta. Piagam ini kemudian menjadi dasar dalam pembentukan Pembukaan UUD 1945, yang memuat Pancasila sebagai dasar negara. Dalam prosesnya, beberapa penyesuaian dilakukan untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip Pancasila dapat diterima oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia yang beragam.

Peresmian Hari Lahir Pancasila

sejarah-hari-lahir-pancasila-kapan-dan-kumpulan-twibbonnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *