Apa Itu Fenomena Super Blue Moon? Ini Penjelasannya

17
0
Apa Itu Fenomena Super Blue Moon? Ini Penjelasannya

Redaksiku.com – Fenomena alam memang tak ada habisnya dan selalu memukau masyarakat.

Salah satunya fenomena super blue moon yang terjadi pada 30-31 Agustus 2023 di Indonesia. Ramai diperbincangkan, lantas apa yang dimaksud dengan fenomena super blue moon?

Apa Itu Fenomena Super Blue Moon? Ini Penjelasannya
Apa Itu Fenomena Super Blue Moon? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Kompas.com, Bulan sendiri membutuhkan waktu 27,3 hari untuk mengorbit Bumi. Namun karena cahaya Matahari yang menyinari bulan, maka dibutuhkan 29,5 hari untuk menyelesaikan siklus Bulan dari satu bulan ke bulan berikutnya.

 

Lembaga antariksa Internasional NASA menjelaskan bahwa blue moon sebenarnya tidak terlalu langka, namun dapat terjadi setiap 2,5 tahun sekali. Kendati demikian super blue moon biasanya jarang terjadi. Super blue moon datang tidak teratur, biasanya dapat datang mencapai 20 tahun sekali namun rata-rata 10 tahun sekali.

 

Tips Melihat Super Blue Moon 

Di Indonesia sendiri, fenomena ini terjadi pada 30-31 Agustus  2023 pukul 18.00 – 06.00 WIB. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba saat melihat fenomena langit satu ini.

 

Cari Tempat Pengamatan yang Baik

Pilih tempat pengamatan yang memiliki pandangan terbuka ke langit tanpa gangguan cahaya kota atau hambatan lainnya. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang tinggi atau dengan pandangan seluas mungkin.

 

Persiapkan Peralatan

Kamu sebenarnya tidak memerlukan peralatan khusus untuk melihat fenomena ini, tetapi jika memiliki teleskop atau binokular, itu bisa membantu memperbesar pemandangan. Pastikan kamu memiliki alat bantu pandang yang diperlukan, seperti teleskop, binokular, atau kamera dengan fitur pengaturan manual.

 

Kenali Waktu

Jika ada gerhana bulan total, ketahui waktu tepat ketika gerhana dimulai dan berakhir di lokasimu. Selama gerhana bulan total, bulan akan berubah warna menjadi merah atau oranye, yang merupakan pemandangan menarik untuk diamati.

Baca Juga:  Fenomena Romantis di Langit: Menakar Keindahan dan Misteri Bintang Jatuh

 

Pengaturan Kamera (Jika Digunakan)

Jika ingin mengambil foto fenomena ini, pastikan kamu mengerti pengaturan kamera. Untuk mengambil gambar bulan atau gerhana, kamu mungkin perlu mengatur eksposur, fokus, dan pengaturan lainnya secara manual.


Perhatikan cuaca daerahmu 

Pastikan cuaca di lokasimu mendukung pengamatan. Langit yang cerah dan jelas sangat penting untuk melihat fenomena ini dengan jelas.


Kenali Arah

Ketahui arah di mana bulan akan muncul atau bergerak selama fenomena berlangsung. Ini akan membantu menentukan tempat terbaik untuk pengamatan.

 

Siapkan Kenyamanan

Bawalah barang-barang yang kamu butuhkan untuk tetap nyaman selama pengamatan, seperti jaket, minuman, dan mungkin kursi lipat atau matras.

 

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu fenomena super blue moon. Kamu bisa menikmati pemandangan langka ini bersama orang tersayang dan mengabadikannya dengan kamera.

Gambar: Space.com

Ikuti berita terkini dari Redaksiku.com di Google News, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *